-
15 September 2023 3:40 pm

Sablon, Grafir, Print UV - Metode Cetak Mana Yang Lebih Baik?

Sablon, Grafir, Print UV - Metode Cetak Mana Yang Lebih Baik?
Tumbler adalah salah satu item yang sangat populer dalam kehidupan sehari-hari kita. Baik itu digunakan untuk minuman panas seperti kopi atau teh saat bepergian atau sebagai alat promosi perusahaan, tumbler sering kali dihiasi dengan logo atau desain tertentu. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menambahkan logo atau desain pada tumbler, sablon, grafir, dan print UV.
Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara ketiga metode ini.

1. Sablon
Sablon, juga dikenal sebagai screen printing, adalah metode lain yang umum digunakan untuk menambahkan desain pada tumbler. Dalam sablon, tinta dicetak melalui layar khusus yang memiliki desain yang diinginkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang sablon pada tumbler:
  • Tahan Lama: Sablon biasanya menghasilkan cetakan yang tahan lama. Ini karena tinta menyerap ke dalam permukaan tumbler, membuatnya lebih tahan terhadap aus dan luntur.
  • Cocok untuk Desain Sederhana: Sablon lebih cocok untuk desain yang sederhana dengan warna dasar. Jika Anda memiliki desain yang rumit dengan banyak warna, sablon mungkin tidak menjadi pilihan terbaik. Pada proses sablon manual, logo yang mempunyai lebih dari 1 warna dalam 1 bentuk logo akan beresiko memiliki hasil yang kurang bagus karna warna-warna tersebut akan tertumpuk.
  • Biaya Terjangkau: Sablon umumnya lebih terjangkau daripada cetak logo atau metode lain yang lebih canggih. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki anggaran terbatas.
  • Tidak Cocok untuk Permukaan yang Tidak Rata: Seperti cetak logo, sablon juga lebih cocok untuk permukaan yang relatif datar dan rata.

Tumbler Dengan Cetak Sablon
Tumbler Dengan Cetak Sablon


2. Grafir / Laser
Grafir adalah metode yang melibatkan pengukiran atau menggores permukaan tumbler dengan menggunakan alat khusus seperti laser atau pengukir mekanis. Berikut adalah beberapa karakteristik grafir pada tumbler:

  • Tahan Lama dan Elegan: Grafir menghasilkan desain yang sangat tahan lama dan elegan. Desain yang digrafir tidak akan terhapus atau pudar seiring waktu.
  • Cocok untuk Tumbler Berbahan Logam atau Keramik: Grafir umumnya digunakan pada tumbler berbahan logam atau keramik. Ini karena metode ini memungkinkan untuk menghasilkan cetakan yang dalam dan tajam pada jenis permukaan ini.
  • Terbatas pada Desain Monokromatik: Grafir biasanya hanya menghasilkan desain monokromatik. Jika kamu menginginkan desain berwarna-warni, grafir mungkin bukan pilihan yang cocok.
  • Detail Tinggi: Grafir dapat menghasilkan detail yang sangat tinggi pada tumbler, membuatnya ideal untuk logo atau desain yang memiliki detail halus.

Tumbler Grafir
Tumbler Grafir

3. Print UV pada Tumbler
Print UV menggunakan teknologi tinta UV yang dikeringkan secara instan dengan sinar UV. Ini memungkinkan cetakan yang cepat, tahan lama, dan memiliki ketahanan yang baik terhadap elemen-elemen luar seperti sinar matahari atau air. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang print UV pada tumbler:

  • Tahan Lama dan Tahan Terhadap Cuaca: Print UV sangat tahan terhadap cuaca dan sinar matahari. Ini membuatnya cocok untuk tumbler yang akan digunakan di luar ruangan.
  • Cepat dan Efisien: Proses print UV sangat cepat dan efisien. Ini memungkinkan untuk mencetak banyak tumbler dalam waktu singkat.
  • Cocok untuk Cetakan Berwarna-warni: Print UV dapat mencetak desain berwarna-warni dengan baik. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik jika kamu memiliki desain yang cerah dan mencolok. Print UV juga bisa mencetak untuk desain logo yang memiliki warna Gradasi.
  • Tidak Cocok untuk Permukaan Tumbler yang Berlubang atau Berlapis: Print UV mungkin tidak cocok untuk tumbler yang memiliki permukaan berlubang atau berlapis, karena tinta dapat sulit menjangkau area-area tersebut.

Tumbler Print UV
Tumbler Print UV

Sekarang, mari kita bandingkan ketiga metode ini secara keseluruhan untuk membantu kamu dalam memilih metode cetak yang sesuai dengan kebutuhan :
Sablon: Terjangkau dan tahan lama, tetapi lebih cocok untuk desain sederhana dengan warna dasar. Tidak cocok untuk permukaan yang tidak rata. 路
Grafir: Tahan lama, elegan, dan cocok untuk tumbler berbahan logam atau keramik. Terbatas pada desain monokromatik. 路
Print UV: Cepat, tahan lama, dan cocok untuk cetakan berwarna-warni. Tidak cocok untuk permukaan tumbler yang berlubang atau berlapis.

Beberapa metode cetak diatas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang bisa kamu pertimbangkan dengan melihat faktor budget, waktu dan desain. Untuk Teman-teman yang masih bingung tentang perbedaan ketiga metode cetak diatas, bisa juga loh pinjam sampel di Souvenir Pro, GRATIS! -
Jadi kamu bisa lihat langsung dan lebih mudah mengambil keputusan untuk metode cetak logo Tumbler kamu.
Yuk konsultasikan kebutuhan Tumbler kamu di Souvenir Pro sekarang! 馃槉-

#botolminumcustom
#bikintumbler
#tumblermurahbagus
#souvenirbotol
#tumblerled
#tumblerledsuhu
#tumblergrafir
#botolkacasouvenir
#tumblersuhudigital
#tumblrled
#tumblrbandung
#botolsouvenir
#grosirbotolminum
#desaintumblercustom
#jualtumblerdibali
#tumblerbogor
#botoltumblermurah
#printuvtumbler




Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0251-8366-176
0811-8786-856
souvenirproindonesia@gmail.com
Gg. Sekolah Abn, RT.02/RW.15, Kedung Waringin, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16164
Souvenir For Profesional
-
-
@2024 souvenirpro.id Inc.