-
19 Oktober 2023 4:30 pm

Kenali Kode Segitiga Pada Botol Plastik Anda - Aman atau Berbahaya?

Kenali Kode Segitiga Pada Botol Plastik Anda - Aman atau Berbahaya?
Botol plastik / Tumbler Plastik merupakan produk sehari-hari yang sering kita temui dalam berbagai bentuk dan ukuran. Saat kamu melihat bagian dasar/bawah botol plastik, kamu akan menemukan kode numerik tertentu yang mengidentifikasi jenis plastik yang digunakan dalam pembuatannya. Pemahaman mengenai perbedaan kode nomor pada botol plastik yang aman dan label "BPA-Free" sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kita sehari-hari.

Kode plastik pada botol umumnya terdiri dari angka yang dikelilingi oleh tiga panah segitiga. Kode ini dikenal sebagai Kode Identifikasi Plastik Internasional (International Plastics Identification Code) atau lebih singkat disebut sebagai simbol daur ulang. Berikut adalah beberapa contoh kode yang umum dijumpai:


Kode plastik
Kode plastik

  • PET atau PETE (Kode #1) - polyethylene terephthalate: Plastik ini umumnya digunakan untuk botol minuman, botol saus, dan wadah makanan. PET cenderung aman untuk digunakan, tetapi sebaiknya tidak digunakan berulang kali karena dapat menyebabkan pelepasan zat kimia jika dipanaskan atau digunakan berkali-kali.

  • HDPE atau PE-HD (Kode #2) - high-density polyethylene: Jenis plastik ini umumnya digunakan untuk botol susu, botol deterjen, dan botol sampo. HDPE dikenal sebagai plastik yang relatif aman dan tahan terhadap banyak zat kimia.

  • PVC atau V (Kode #3) - polyvinyl chloride: PVC digunakan dalam produk-produk seperti pipa, mainan, dan kemasan makanan tertentu. Sebaiknya hindari penggunaan berulang kali karena PVC dapat melepaskan senyawa yang berbahaya.

  • LDPE atau PE-LD (Kode #4) - low-density polyethylene: Plastik ini umumnya digunakan untuk kantong plastik, wadah makanan, dan botol belanja. LDPE dianggap aman untuk digunakan.

  • PP (Kode #5) - polypropylene: Jenis plastik ini biasanya ditemukan pada wadah makanan, botol sirup, dan wadah yogurt. PP cenderung aman dan tahan terhadap panas.

  • PS (Kode #6) - polystyrene: Plastik ini umumnya digunakan untuk kemasan styrofoam dan wadah makanan sekali pakai. PS cenderung melepaskan senyawa berbahaya jika digunakan untuk makanan yang panas.

  • Other atau O (Kode #7): Kategori ini mencakup berbagai jenis plastik yang tidak termasuk dalam kategori di atas. Beberapa plastik dalam kategori ini mungkin mengandung bahan yang kurang aman. Ada empat jenis plastik yang termasuk dalam kategori ini, yaitu styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene styrene (ABS), polycarbonate (PC), dan nilon.
Menurut Kementerian Kesehatan RI, SAN dan ABS boleh digunakan untuk kemasan makanan dan minuman.Sementara itu, PC dilarang penggunaannya sebab setelah dilakukan tes pada hewan, senyawa PC mengandung bisphenol A atau BPA, yang jika sering terpapar dalam jumlah tinggi diduga dapat menyebabkan beberapa risiko kesehatan, seperti: Kelainan Genetik dan Kanker

Dengan memahami kode pada botol plastik, kamu dapat membuat pilihan yang lebih cerdas dalam penggunaan sehari-hari. Selalu perhatikan kode pada botol sebelum kamu menggunakannya ya, dan hindari penggunaan berulang kali jika tidak disarankan. Keamanan dan kesehatan kamu adalah prioritas utama, dan pengetahuan mengenai kode plastik dapat membantu kamu dalam mencapai tujuan tersebut.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat dengan lebih percaya diri memilih dan menggunakan botol plastik sesuai dengan kebutuhan, sambil tetap menjaga kesehatan dan keamanan diri. Yuk mulai cek kode botol Tumbler / Botol Plastik kesayangan kamu!😊-

Buat Souvenir Tumbler Custom Logo di Souvenir Pro, kamu bisa konsultasikan Gratis loh, Yuk konsultasikan sekarang!


#souvenirtumblerplastik
#tumblerplastik
#tumblerplastikcustom
#botolminumcustom
#bikintumbler
#tumblermurahbagus
#souvenirbotol
#tumblerled
#tumblerledsuhu
#tumblergrafir
#botolkacasouvenir
#tumblersuhudigital
#tumblrled
#tumblrbandung
#botolsouvenir
#grosirbotolminum
#desaintumblercustom
#jualtumblerdibali
#tumblerbogor
#botoltumblermurah
#printuvtumbler


Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0251-8366-176
0811-8786-856
souvenirproindonesia@gmail.com
Gg. Sekolah Abn, RT.02/RW.15, Kedung Waringin, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16164
Souvenir For Profesional
-
-
@2024 souvenirpro.id Inc.